Menjinakkan cucak ijo ala cak lucky, cucak ijo makan voer diatas tangan

Semangat pagi para kicaumania. Pagi ini saya mau cerita mengenai Cucak ijo saya yang bernama JIN. Cerita ini murni pengalaman saya pribadi, dan mungkin bisa memberi inspirasi buat anda yang sedang kesusahan dalam proses menjinakkan cucak ijo. Saya juga sering baca mengenai masalah menjinakkan burung di blog omkicau.
Kalau menurut saya, menjinakkan burung itu basic caranya sama. Tapi mungkin bisa di tambahkan sedikit inovasi dan variasi yang berbeda sehingga hasil burung cucak ijo menjadi jinak menjadi lebih cepat.

Berikut ini metode menjinakkan cucak ijo saya hingga makan voer di atas tangan:

Kurang lebih Butuh waktu 2 minggu saya melatih burung makan voer diatas tangan. Seperti yang sudah saya tulis di artikel saya sebelumnya dengan judul Cara menjinakkan cucak ijo bakalan yang giras dan Cara mudah melatih cucak ijo makan voer.

Cucak ijo yang saya ceritakan ini sudah cukup jinak, sudah tidak takut manusia, dan juga sudah bisa makan voer. Dan sudah Gacor tentunya.
Tapi karena hobby burung selain ingin dengar kicauannya.jadinya ingin yang lain lagi seperti saya ini.

Step 1
Di pagi hari taruh voer dan minuman dalam sangkar, dan lihat burung makan voer sampai dia kenyang. Setelah berhenti makan, keluarkan voernya dari sangkar. Minumannya biar saja tetap didalam sangkar. Tunggu sampai burung lapar, tanda cucak ijo saya saat lapar, ngoceh terus sambil dia turun ke dasar sangkar.

Kemudian ambil 1 butir voer dan sodorkan voer ke cucak ijo dengan tangan dari luar sangkar.
Jika masih belum mau masukkan lagi voer ke dalam sangkar. Biarkan dia makan, tapi jangan buat si Cucak ijo kenyang. Cukup kira-kira makan 10-15 butir voer. Terus keluarkan voernya lagi. Kalau dia lapar, coba sodorkan lagi 1 butir voer. Ulangi langkah langkah di atas sampai cucak ijo mau makan butir demi butir voer yang kita sodorkan. Asyik dan menyenangkan bagi saya nyuapin burung dengan voer 1 butir demi butir.

Step 2
Setelah mau makan voer yang kita sodorkan dari luar sangkar, sekarang saat menyuapi burung dari dalam sangkarnya. Anda harus berhati-hati melakukannya. Karena bisa saja cucak ijo anda kabur. Intinya kembalikan burung menjadi lapar, kemudian ambil 1 butir voer dan sodorkan ke burung di di dalam sangkar. Kalau belum mau makan, sodorkan 1 butir tadi dari luar sangkar. Ulang-ulangi hingga burung mau makan voer saat kita sodorkan ke dalam sangkar.

Step 3
Setelah melewati step di atas kini saatnya melatih cucak ijo makan diatas tangan. Taruh voer diatas tangan, jangan terlalu banyak. Kira-kira 20 butir saja. Terus masukan tangan ke sangkar. Perlihatkan voer ke cucak ijo, dan tunggu sampai dia lompat ke atas telapak tangan dan makan satu per satu voer sampai habis. Kalau belum mau coba sodorkan aja 1 atau 2 butir voer ke burung seperti di step 2.
Ulang ulangi sampai cucak ijo benar benar akrab dengan kita.

Ya itulah sedikit kisah saya Menjinakkan cucak ijo bersama JIN burung cucak ijo saya. Semoga bermanfaat bagi yang ingin lebih akrab dengan burung kicauan anda.

About lucky

i am loving to study about new thing, compare it with other and share it to all people.
This entry was posted in Perawatan harian. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s