Cara menjinakkan cucak ijo bakalan yang giras

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjinakkan cucak ijo bakalan yang giras. Burung giras adalah burung yang saat didekati manusia loncat kesana sini menabrak jeruji sangkar.
Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menjinakkan burung cucak ijo yang giras.
Dan saya juga punya cara tersendiri yang menurut saya sangat ampuh. Beginilah cara saya menjinakkan burung yang giras,yaitu:

1. Burung bakalan yang sudah dibeli,harus saya adaptasikan dengan lingkungan rumah. Selama kurang lebih 1 minggu.
Tidak usah digantung ditempat yang tinggi, tingginya cukup 2 meter saja, atau juga bisa diletakkan dilantai. Dan ditempatkan ditempat yang sering dilewati,contohnya di area pintu masuk rumah. Kalau burungnya ditaruh dilantai,harus sering kita awasi, takutnya ada kucing atau predator lainnya.
Setelah 1 minggu sudah beradaptasi dengan lingkungan barulah kita mulai tahap penjinakkan berikutnya.

2. Untuk penjinakkan bisa burungnya setiap dimandikan dengan cara dipegang. Tapi saya kapok dengan cara ini,karena pengalaman saya,burung saya kulit di bagian perutnya terkelupas setelah saya mandikan setiap hari. Ada cara lainnya menjinakkan burung cucak ijo, yaitu dengan cara membuatnya lapar.
Saat sore hari sebelum malam tiba, pisang dan minuman jangan ditinggal didalam sangkar. Agar burung tidak langsung makan dan minum saat dia bangun dati tidur panjangnya. Pasti pagi hari cucak ijo akan kelaparan,ciri-ciri cucak ijo yang lapar menurut pengalaman saya,cucak ijo tersebut turun ke dasar sangkar dan terlihat liar mencari makanannya.
Saat cucak ijo lapar itulah saya menyodorkan pisang kepok putih 1 biji, dengan cara masukkan pisangnya saja didalam sangkar tetapi tangan tetap memegang ujung pisangnya. Setelah cucak ijo makan 5 kali patukan,kemudian keluarkan pisangnya dari sangkar kemudian coba pegang ditengah pisangnya,terus cucak ijo dikasih makan lagi. Dan tangan juga dimasukkan kedalam sangkar. Kita lihat apakah burung tersebut terlihat takut,pasti akan terlihat takut, tapi lama kelamaan cucak ijo akan tidak takut lagi dan akan bersahabat dengan kita. Hari demi hari kita pantau burung kita,setelah dia tidak takut lagi saat tangan kosong kita masuk kedalam sangkar. Kita lanjut ke tahap berikutnya.
Agar burung makan diatas telapak tangan kita.
3. Agar burung mau makan diatas telapak tangan kita, caranya tetap yaitu selalu membuat burung lapar. saat burung lapar, kita potong pisang setebal 1 cm. Dan potongan pisang tersebut kita letakkan diatas telapak tangan. Dan masukkan tangan kedalam sangkar dan dekatkan tangan kita dengan tangkringannya. Kalo burung sudah mau makan sedikit, kemudian jauhkan tangan kita dari tangkringannya. Kita lihat apakah dia mau lompat ketangan kita atau tidak. Kalau belum dekatkan tangan kita lagi ketangkringan agar siburung mendekati pisangnya. Setelah dia makan sedikit pisangnya. Kita jauhkan lagi tangan kita.
Kita ulangi-ulangi sampai si cucak ijo mau makan diatas telapak tangan kita.

Itulah cara saya menjinakkan burung cucak ijo saya. Semoga bermanfaat.

Dipost lain juga saya menceritakan kisah saya menjadikan cucak ijo makan voer diatas tangan.

About lucky

i am loving to study about new thing, compare it with other and share it to all people.
This entry was posted in Perawatan harian and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Cara menjinakkan cucak ijo bakalan yang giras

  1. idrussjy says:

    Siiip infonya.boleh di cb itu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s